Selasar Inspirasi

Dasar-Dasar Pemrograman Java





1. Membuat Program Hello World
public class Hello {
public static void main (String args[]){
//menampilkan tulisan Hello World pada layar
System.out.println("Hello World"); }
}

Program diatas akan menampilkan tulisan Hello World pada layar. Terdapat beberapa aturan dalam membuat program dalam java :

a. Nama File harus sama dengan nama kelas program. Pada kasus diatas nama kelas program adalah Hello, maka nama file harus Hello.java
b. Hanya boleh terdapat satu kelas public pada sebuah file.
c. Kelas yang menjalankan program utama harus memiliki metode public static void main (String args[])
2. Komentar pada Java
Ada 3 jenis komentar pada java :
a. Komentar 1 baris (C++ style)
//contoh penulisan komentar 1 baris bergaya C++

b. Komentar beberapa baris (C style) , diawali tanda /* dan diakhiri dengan tanda */
/* penulisan komentar beberapa baris
Bergaya C */

c. Komentar khusus javadoc
Digunakan untuk meng-generate dokumentasi html untuk program java yang dibuat. Dimulai dengan tanda /** dan diakhiri dengan tanda */

/** This is an example of special java doc comments used for \n
Generating an html documentation. It uses tags like
@author Arif */
3. Pernyataan dalam Java dan Blok
Pernyataan merupakan satu atau lebih baris kode yang diakhiri dengan tanda titik koma. Contoh pernyataan tunggal

System.out.println("Hello World");

Sedangkan blok merupakan satu atau lebih pernyataan yang terbentang antara kurung kurawal buka ( dan kurung kurawal tutup ).

public class Hai {
public static void main (String args[]){
System.out.println("Hai");
System.out.println("Aku sedang belajar java");
}
} 
4. Keyword dalam Java
Keyword merupakan identifier (penanda) yang telah dipesan atau didefinisikan oleh Java untuk tujuan tertentu. Sehingga Anda tidak boleh menggunakan keyword untuk penamaan kelas, variabel, method, dan sejenisnya. Berikut daftar keyword pada java

clip_image002
5. Tipe Data
Beberapa tipe data pada java

clip_image004

String bukan termasuk tipe data di java, tetapi merupakan Object. Namun String memiliki keunikan sendiri yaitu dapat langsung dipakai tanpa harus membuat Object.
6. Variabel
Variabel merupakan bagian dari program yang digunakan untuk menyimpan data. Deklarasi variabel dapat dilakukan sebagai berikut :

<tipe data> <nama variabel> [=initial value]

notes : nilai yang berada pada tanda [] bersifat opsional

Variabel Primitif dan Variabel Reference

Pada java variabel dibedakan menjadi 2 tipe : variabel primitif dan variabel reference. Variabel Primitif merupakan variabel dengan tipe data primitif dimana data disimpan dalam lokasi memori yang sebenarnya. Sedangkan variabel reference merupakan variabel yang menyimpan alamat dalam lokasi memori yang menunjuk ke lokasi memori dimana data sebenarnya berada.

Contoh

· Variabel Primitive

int a;
double b = 3.5;
String nama;

· Variabel Reference

Mobil Mercedes = new Mobil("Merah",2008,"Pertamax");
7 Operator
Operator merupakan sebuah karakter khusus yang digunakan untuk menghasilkan suatu nilai.

a. Operator Aritmetika

clip_image006

Contoh:
int a=5;
int b=7;
int hasil = a+b;
System.out.println(hasil);
clip_image008


b. Operator Penugasan
clip_image010

Contoh:
public class Operator {
public static void main (String args[]){
int a=5;
a *=5;
System.out.println(a);
}
}

clip_image012

Selain bentuk penyederhanaan operator diatas, ada juga pernyataan untuk incremental (penambahan) dan decremental (pengurangan) sebanyak 1.

Contoh:
int i = 3;
int j = 7;
int k = ++j + i; //akan menghasilkan k=8+3=11
System.out.println(k);
int i = 3;
int j = 7;
int k = j++ + i; //akan menghasilkan k=7+3=10
System.out.println(k); 

Lihat perbedaannya

c.Operator Pembanding

clip_image014

Contoh:
boolean angka = 10==100;
boolean b = 7 != 3;
System.out.println(angka);
System.out.println(b); 

clip_image016

d. Operator Logika

clip_image018

Contoh:
boolean banding = 7 == 100 && 100 == 100;
System.out.println(banding); 

clip_image020

8. Casting
Ada kalanya proses perhitungan melibatkan berbagai tipe data yang berbeda. Oleh karena itu perlu melakukan proses konversi tipe data. Konversi tipe data dari jangkauan lebih kecil ke jangkauan lebih besar dinamakan widening (memperluas). Sedangkan konversi tipe data dari jangkauan lebih besar ke jangkauan lebih kecil dinamakan narrowing (mempersempit).

Contoh :
long m = (long) 200.75; //proses narrowing dari tipe data double ke long
byte i = 72;
int j = (int) i; //proses widening dari tipe data byte ke integer
System.out.println(m+" "+i+" "+j);
9. Kelas Math
Kelas Math berisi sekumpulan method dan konstanta matematika. Beberapa diantaranya
static double toRadians(double sudut);
static double toDegrees(double sudut);
static double sin(double d);
static double cos(double d);
static double tan(double d);
static double asin(double d);
static double acos(double d);
static double atan(double d);
static double exp(double d); // e pangkat d
static double log(double d); // ln(d);
static double sqrt(double d); //
static double pow(double a, double b); // a pangkat b
static double ceil(double d); // pembulatan ke atas
static double floor(double d); //pembulatan ke bawah
static int round(float f); // pembulatan biasa
static long round(double d); // pembulatan biasa
static double rint(double d); // pembulatan ke int terdekat
static double atan2(double a, double b); // cartesius ke polar
static synchronized double random(); 
Kelas Math Lainnya :
static int abs(int i);
static long abs(long l);
static float abs(float f);
static double abs(double d);
static int min(int a, int b);
static long min(long a, long b);
static float min(float a, float b);
static double min(double a, double b);
static int max(int a, int b);
static long max(long a, long b);
static float max(float a, float b);
static double max(double a, double b);
Math.E=2.7…; Math.PI=3.14…;
Contoh :
double input = 90;
double input2 = Math.exp(input); //menghitung nilai exponen
double input3 = Math.sin(Math.toRadians(input)); //nilai sinus
double input4 = Math.round(input); //pembulatan biasa
double input5 = Math.ceil(input); //pembulatan keatas
double input6 = Math.floor(input); //pembulatan kebawah
double input7 = Math.pow(input,2); //pangkat 2

Referensi:
Java Dasar Eko Kurniawan Khannedy
Modul Pemrograman Java Ardhi Wijayanto


0 Comments
Tweets
Comments

Responses

0 Respones to "Dasar-Dasar Pemrograman Java"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors