Selasar Inspirasi

DNS bermanfaat





DNS, apa itu DNS ?, DNS = Domain Name System. pengertian mudahnya sebuah sistem yang menyimpan informasi domain. Apa itu domain ?, kita sering facebookan, twitteran, ngeblog kan mengetikkan alamatnya di browser, misal: http://facebook.com/, http://twitter.com/, http://blogspot.com/. Sebenarnya yang harus kita ketik itu alamat aslinya (IP).. Misal http://facebook.com/ = 66.220.158.70, http://twitter.com/ = 199.59.149.230, http://blogspot.com/ = 209.85.175.191

Dengan adanya DNS, kita tidak perlu repot-repot menghafal alamat aslinya (IP), cukup menghafal alamat situsnya misal facebook.com. Mengapa bisa demikian ?, karena DNS server telah menyimpan alamat asli tersebut beserta aliasnya (alamat situs). Enaknya kita jadi nggak perlu inget alamat aslinya (IP), tapi kekurangannya waktu tunggunya jadi meningkat.

Ketika yang mengakses DNS terkait hanya sedikit, maka waktu tunggunya tidak begitu terasa. Akan tetapi ketika banyak orang mengakses DNS yang sama diwaktu bersamaan, bisa dipastikan waktu tunggunya akan lebih lama :D

Nah untuk menyiasatinya, kalau kita sering merasa lambat koneksi internetnya, padahal sewa bandwithnya udah gedhe.. Coba ganti DNS kalian.

image

image

Ganti Preferred DNS server, dan Alternate DNS server dengan DNS lain

Untuk list DNS dapat dilihat disini :) - http://www.reyvababtista.com/2011/03/daftar-dns-percepat-koneksi-internet.html

Nah, silahkan dicoba-coba, jika sudah mendapatkan yang menurut kalian cepat..berarti DNS tersebut yang cocok untuk kalian..
Selamat bereksperimen :)



0 Comments
Tweets
Comments

Responses

0 Respones to "DNS bermanfaat"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors