Selasar Inspirasi

Virus Shortcut





Kemarin pertama kali masuk kuliah setelah liburan panjang, pertama kali pula laptop saya dengan sistem operasi windows 7 terkena virus shortcut. Hal tersebut bermula setelah laptop saya menjadi tempat barter slide materi kuliah anapersis. Salah satu flashdisk teman saya ternyata ada yang membawa virus shortcut tersebut.

Pertama nggak begitu ngefek ke laptop saya (pikir saya ), tapi ternyata ketika saya colokkan my hardisk eksternal..Hoopla seluruh file dan folder di hardisk saya berubah jadi shortcut semua..Tentu saja gara2 itu jadi nggak bisa dibuka deh file-file nya.marah

Bukan cuma itu saja, notepad kesayangan saya yang ukuran font-nya normal jadi berubah big font (kira2 font-size jadi 20). So hati-hati klo font notepad anda tidak dirubah tau2 jadi gedhe2 sendiri, mungkin saja kena virus.ngakak

Bingung punya bingung, berhubung system operasi di laptop saya ada 3 (2 linux 1 windows), saya coba masuk ke linux ubuntu.

Hoopla di ubuntu seluruh file bisa dibaca beserta file duplikasi file yang dilakukan oleh virus tersebut. Duplikasi file2 yang dilakukan virus itu kemudian saya hapus satu per satu di linux.

Setelah itu saya pindah windows 7 lagi, kemudian atas usul teman saya, windows 7 saya scan menggunakan antivirus CureIt, bagi yang berminat bisa download disini. Ukurannya kurang lebih 46,3 mb.

Setelah melakukan scan, ternyata masalah belum berakhir. Memang virus yang ada di system windows sudah hilang. Tetapi ketika hardisk eksternal saya colokkan kembali ke laptop kesayangan saya, file and folder saya nggak ada yang muncul satu pun.

Oh mungkin itu masih super hiden file pikir saya, langsung saja saya coba kembalikan file and folder saya via command prompt.

langkahnya :

1. klik start –> run –> ketikkan cmd (bagi yang windows7, bisa langsung ngetikkan cmd di start search).

2. habis pilih lokasi drive hardisk atau device usb anda

3. untuk mengembalikan file2 yang hilang tinggal ketikkan attrib –s –h namafile

Bagi yang lupa nama file nya, bisa dengan cara sehabis attrib –s –h tekan tombol tab. Nanti nama file nya akan muncul, kemudian tekan enter. Ulangi lagi untuk file/folder kedua dengan tab ganda habis attrib –s –h tersebut. Ulangi terus sampai tidak ada lagi file yang tersuper hidden.

image

JIka langkah dilakukan dengan benar, file/folder yang hilang bakalan muncul kembali ^^



14 Comments
Tweets
Comments

Responses

14 Respones to "Virus Shortcut"

happyzone mengatakan...

hduh, mrip bngt sm kjadian flashdisk ku,, yup cranya gt ya,,,mksh buat infonya dan makasih buat yang ud men scan fd q
q downld antvrsnya y,,tp itu lgsg bs aktfkah antvirus itu d w 7?kl blm bs langsng, gmn cr mngaktfknnya?
kl untk xp blm bs y pk antvrs itu?
thx, Rif


30 Agustus 2010 pukul 09.10
rive mengatakan...

@happy : antivirusnya itu portable koq, alias nggak perlu diinstall..tinggal langsung di klik aja..klo njumpai dialog box di ok2 terus aja..di windows 7 bisa langsung jalan..di xp juga bisa langsung jalan koq..
sama2


30 Agustus 2010 pukul 18.20
jackblack mengatakan...

mkasi bnget infonya om..
hdd ku baru kena itu..
untung berhasil..
heheheh

mkasih ya om..


1 Juli 2011 pukul 22.47
Anonim mengatakan...

makasih gan.. belum wa coba tapi kayaknya asik.. THANKS OE!


11 Agustus 2011 pukul 06.07
Presindete01 mengatakan...

Gan Banyak terima kasih untuk agan :D
aku kira bakal aku format semua data di hardisk kesayangan ku hehe
sukses slalu gan


22 Oktober 2011 pukul 22.03
Arif Rohmadi mengatakan...

@anonim : ok
@Antonio : sama2 gan, senang bisa bermanfaat infonya..hehe, sukses jg buat agan :)


23 Oktober 2011 pukul 17.35
Anonim mengatakan...

Thank you banget!!! Kirain uda ga tertolong lagi padahal bnyk file penting.


10 November 2011 pukul 16.30
Anonim mengatakan...

Thx bwt info-nya... ngebantu banget... (^_^)


10 Februari 2012 pukul 17.16
Rony Nurrachman mengatakan...

terimakasih gan..
tapi klo file nya banyak kan ribet tuhh lo satu" disebutin nama filenya gan,,ada gk cara biar langsung semua nya yang terhidden itu muncul gan??


12 Februari 2012 pukul 10.01
Anonim mengatakan...

gan kalo aku tetep ga bisa nih


28 Juli 2012 pukul 14.43
Anonim mengatakan...

keluar bacaan parameter format not correct


28 Juli 2012 pukul 14.47
Arif Rohmadi mengatakan...

@anonim: harusnya bisa, pake attrib -s -h "nama file" (tanda petiknya ikut), ato attrib -s -h "nama folder" (tanda petiknya ikut)..kalo lupa nama foldernya, setelah attrib -s -h terus tekan tombol tab, ntar keluar nama folder atau nama file-nya..


8 Agustus 2012 pukul 05.58
Arif Rohmadi mengatakan...

@Rony: kalo untuk folder tetap harus disebutin satu persatu, misal di flashdisk ada 8 folder yg kehidden, caranya ya sama attrib -s -h "nama folder" (utk nama folder kita tdk perlu menghafal, cukup tekan tombol tab aja)..
adapun untuk file tanpa folder, untuk mengembalikan semuanya secara langsung bisa dengan cara attrib -s -h *.*

mungkin ada cara manual lain yang lebih efektif..kalo ketemu tolong dishare disini ya :)


8 Agustus 2012 pukul 06.08

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors